LEDRE MAKANAN KHAS BOJONEGORO


Mendengar nama ledre tentu terasa cukup asing bagi orang awam. Namun bagi warga kota Bojonegoro, Tuban , Lamongan dan sekitarnya, na sma ledre udah tak asing lagi. Panganan / makanan berupa kue ringan ini berbentuk gulungan seperti kue stick roll, astor atau kue semprong. Panjang ledre sekitar 20 cm dan diameter 1,5 cm atau lebih kecil ukurannya dari kue semprong. Beratnya cukup ringan dengan warna coklat muda yang menggoda. Rasanya cukup manis dengan cita rasa dan aroma pisang.
Bahan dasar pembuat ledre terdiri dari tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, telur dan minyak kacang. Pisang yang digunakan untuk membuat Ledre juga bukan sembarang pisang. Produsen biasa menggunakan pisang raja yang telah masak. Resep yang digunakan sudah dilakukan secara turun temurun. Alasan menggunakan pisang raja adalah untuk menjaga kualitas aroma dan rasa Ledre tersebut. Namun banyak juga perajin Ledre yang menggunakan pisang jenis lainnya.
Ledre dibuat dengan cara menuangkan adonan berupa campuran gula, garam, parutan kelapa muda, air, serta tepung ketan yang dituangkan ke dalam wajan yang sudah diolesi mentega. Adonan dalam wajan kemudian ditekan-tekan dengan sendok hingga tipis, selanjutnya diberi pisang raja yang telah dilumatkan, dan diberi taburan gula pasir. Ledre yang bagian bawahnya sudah berkerak menandakan Ledre sudah matang. Padatahap terakhir, Ledre digulung hingga membentuk seperti semprong. selain itu ledre tidak hanya terbuat dari campuran pisang raja melainkan juga dari waluh dll.


Komentar

Postingan populer dari blog ini